Kurikulum

Capaian Pembelajaran Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
No Kategori Isi
1 Kemampuan Kerja mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuaidengan bidang keahliannya
2 Kemampuan Kerja Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang PAUD bedasarkan kaidah, tata cara, etika ilmiahdalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain dan kritik seni
3 Kemampuan Kerja Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4 Kemampuan Kerja Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
5 Kemampuan Kerja Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
6 Kemampuan Kerja Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
7 Kemampuan Kerja Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
8 Kemampuan Kerja Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan PAUD secara kreatif, inovatif, dan islami
9 Kemampuan Kerja 2. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran formal, informal, dan non formal untuk pendidikan anak usia dini, dengan pendekatan pembelajaran aktif dan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu
10 Kemampuan Kerja Memfasilitasi pengembangan potensi AUD untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki secara tepat sesuai dengan tahapan perkembangan
11 Kemampuan Kerja Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam interaksi edukatif dengan AUD dan komunitas akademik/profesi
12 Kemampuan Kerja Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAUD yang otentik dan memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran
13 Kemampuan Kerja Melakukan penelitian, pengkajian, dan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran AUD
14 Kemampuan Kerja Menggunakan alat musik untuk pengembangan AUD sesuai dengan tingkat perkembangannya
15 Kemampuan Kerja Membuat media pembelajaran atau alat permainan edukatif (APE) sesuai tingkat perkembangan AUD
16 Kemampuan Kerja Berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Arab dan Inggris) dalam rangka memenuhi kebutuhan komunikasi secara global bagi PAUD
17 Kemampuan Kerja Membaca al Qur’an dengan tahsin dan tilawah yang baik serta menulis sesuai kaidah kaligrafi yang benar.
18 Kemampuan Kerja Memecahkan permasalahan kelembagaan/PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif
19 Kemampuan Kerja Menerapkan teori kewirausahaan berbasis ke-PAUD-an
20 Kemampuan Kerja Menguasai konsep teoritis bidang manajerial dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
21 Kemampuan Kerja Memiliki kemampuan melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder
22 Kemampuan Kerja Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis PAUD
23 Kemampuan Kerja Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK
24 Kemampuan Kerja Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional
25 Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dasar teori pendidikan anak usia dini, teori dan strategi bermain anak usia dini, pengembangan kurikulum PAUD, dan manajemen PAUD
26 Penguasaan Pengetahuan Menguasai landasan keilmuan pendidikan AUD dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan
27 Penguasaan Pengetahuan Menguasai pengembangan media anak usia dini, psikologi perkembangan anak usia dini, bahasa asing, evaluasi perkembangan anak, seni budaya, sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi anak usia dini
28 Penguasaan Pengetahuan Menguasai keberbedaan tumbuh kembang masing-masing anak yang mencakup kecerdasan ganda dan kesehatan anak, dengan memberikan program dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini
29 Penguasaan Pengetahuan Menguasai dalam menyusun isi program perkembangan anak sesuai dengan tema dan kebutuhan anak usia dini pada berbagai aspek perkembangan
30 Penguasaan Pengetahuan Membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian
31 Penguasaan Pengetahuan Menguasai prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar anak usia dini
32 Penguasaan Pengetahuan Menguasai identifikasi kemampuan anak usia dini dalam berbagai bidang pengembangan moral agama, sosial emosional, kognitif, fisik motorik, seni, dan bahasa
33 Penguasaan Pengetahuan Menguasai prinsip-prinsip pembelajaran sains, IPS, Matematika sesuai dengan perkembangan anak usia dini yang mendidik dan menyenangkan
34 Penguasaan Pengetahuan Menguasai teori belajar dan pembelajaran AUD yang mendidik, unggul, kreatif, inovatif, inspiratif, humanis, dan islami.
35 Penguasaan Pengetahuan Menguasai teori pengembangan kurikulum AUD yang terintegrasi, holistik, dan mutakhir
36 Penguasaan Pengetahuan Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pengelola baik pada tingkat nasional maupun internasional
37 Penguasaan Pengetahuan Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran
38 Penguasaan Pengetahuan Mampu melaksanakan dan mempertanggung-jawabkan pekerjaannya sendiri sebagai tenaga pendidik PAUD di lingkungan masyarakat pada umumnya
39 Penguasaan Pengetahuan Mampu mengembangkan konsep PAUD untuk memupuk jiwa entrepreneurship pada lingkungan sekitar.
40 Penguasaan Pengetahuan Mampu menganalisa perkembangan PAUD di masyarakat guna menentukan strategi yang relevan terhadap penyelesaian masalah.
41 Sikap Khusus Bertakwa kepada Tuhan YME serta bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
42 Sikap Khusus Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
43 Sikap Khusus Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
44 Sikap Khusus Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
45 Sikap Khusus Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
46 Sikap Khusus Bersikap inklusif, empatik, santun, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
47 Sikap Khusus Beradaptasi dalam lingkungan social di wilayah Indonesia dengan keragaman agama, sosial, dan budaya.
Kurikulum Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
No Kode MK Nama MK SKS Semester
1 BHS 2004 BAHASA INDONESIA 2 1
2 BHS 2010 BAHASA ARAB 2 1
3 BHS 3008 BAHASA INGGRIS 2 1
4 DIK 3069 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 1
5 DIK 3093 LANDASAN PENDIDIKAN 2 1
6 DIK 4175 KONSEP DASAR PAUD 2 1
7 DIK 5023 FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM 2 1
8 MAT 3028 MATEMATIKA DASAR 2 1
9 SAG 3053 PENGANTAR STUDI ISLAM 2 1
10 TPA 1107 PSIKOLOGI UMUM/PERKEMBANGAN 2 1
11 DIK 5021 ILMU PENDIDIKAN ANAK 3 2
12 KES 3061 GIZI AUD 2 2
13 KES 4064 KESEHATAN AUD 2 2
14 MAT 3061 METODOLOGI PENGEMBANGAN MATEMATIKA AUD 3 2
15 PSI 3063 KREATIVITAS AUD 3 2
16 PSI 3064 NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN 3 2
17 PSI 3065 ANTROPOBIOLOGI 2 2
18 PSI 3066 PSIKOLOGI PENDIDIKAN AUD 3 2
19 PSI 3068 ILMU PERKEMBANGAN ANAK I (LAHIR-4THN) 3 2
20 SEN 6001 SENI RUPA AUD 3 2
21 ABI 6022 METODE PENELITIAN PENDIDIKAN 3 4
22 ABI 6023 METODOLOGI PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD 3 4
23 ABI 6024 METODOLOGI PENGEMBANGAN SAINS AUD 3 4
24 ABI 6025 METODOLOGI PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS 3 4
25 ABI 6026 METODOLOGI PENGEMBANGAN KOGNITIF AUD 3 4
26 AKH 4020 PENDIDIKAN AKHLAK 3 4
27 DIK 4047 PERMASALAHAN ANAK 2 4
28 DIK 6003 PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA 2 4
29 DIK 6078 PENGEMBANGAN KEPROFESISAN GURU 2 4
30 SEN 6002 MUSIK AUD 3 4
31 DIK 4113 EVALUASI PEMBELAJARAN 3 5
32 DIK 5162 Perencanaan Pembelajaran 3 5
33 PGRA 6001 METODOLOGI PENGEMBANGAN MOTORIK/JASMANI AUD 3 5
34 PGRA 6002 METODOLOGI PENGETAHUAN SOSIAL AUD 3 5
35 PGRA 6003 METODOLOGI PENGEMBANGAN EFEKTIF AUD 3 5
36 PGRA 6004 ASSESMEN AUD 3 5
37 PGRA 6005 KURIKULUM ANAK USIA DINI 3 5
38 DIK 5072 PENELITIAN TINDAKAN KELAS 2 6
39 DIK 6033 MANAJEMEN KELAS 2 6
40 DIK 6059 MICRO TEACHING 3 6
41 PGRA 6006 PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI AUD 3 6
42 PGRA 6007 KAPITA SELEKTA HASIL PENELITIAN PAUD 2 6
43 PGRA 6501 PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL AUD 3 6
44 TKM 2238 STATISTIK PENDIDIKAN 3 6
45 ABI 5026 KULIAH KERJA NYATA (KKN) 2 7
46 ABI 5038 SEMINAR PROPOSAL 0 7
47 BHS 6089 STORY TELLING 2 7
48 BHS 6401 BAHASA INGGRIS UNTUK AUD 3 7
49 DIK 6037 PENELITIAN TINDAKAN KELAS 2 7
50 DIK 6093 PRAKTEK PROFESI KEGURUAN TERPADU (PPKT) 6 7
51 ABI 9014 (101836114) SKRIPSI 6 8
No Kode MK Nama MK SKS Semester
1 BHS 6001 BAHASA INDONESIA 3 1
2 BHS 6002 BAHASA INGGRIS 3 1
3 BHS 6003 BAHASA ARAB 3 1
4 DIK 4175 KONSEP DASAR PAUD 2 1
5 FIL 3001 FILSAFAT DAN ILMU PENDIDIKAN 2 1
6 POL 2002 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 1
7 POL 6001 PANCASILA 2 1
8 SAG 2001 STUDI ISLAM 4 1
9 SAR 2004 PRAKTIKUM QIRAAT 2 1
10 DIK 5021 ILMU PENDIDIKAN ANAK 3 2
11 KES 3061 GIZI AUD 2 2
12 KES 4064 KESEHATAN AUD 2 2
13 MAT 3061 METODOLOGI PENGEMBANGAN MATEMATIKA AUD 3 2
14 PSI 3063 KREATIVITAS AUD 3 2
15 PSI 3065 ANTROPOBIOLOGI 2 2
16 PSI 3066 PSIKOLOGI PENDIDIKAN AUD 3 2
17 PSI 3068 ILMU PERKEMBANGAN ANAK I (LAHIR-4THN) 3 2
18 SEN 6001 SENI RUPA AUD 3 2
19 AKH 4020 PENDIDIKAN AKHLAK 3 3
20 BHS 6007 METODOLOGI PENGEMBANGAN BAHASA AUD 3 3
21 DIK 3006 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 3 3
22 DIK 4044 MEDIA PEMBELAJARAN 3 3
23 DIK 4047 PERMASALAHAN ANAK 2 3
24 DIK 4210 MANAJEMEN PENDIDIKAN AUD 2 3
25 DIK 4211 SENI RUPA AUD 3 3
26 DIK 4212 BERMAIN DAN PERMAINAN AUD 3 3
27 PSI 4021 ILMU PERKEMBANGAN ANAK 2 (5-8 Thn) 3 3
28 AUD 6602 KEWIRAUSAHAAN BIDANG PENDIDIKAN AUD 2 5
29 BHS 6133 PUBLIC SPEAKING 2 5
30 DIK 6013 EVALUASI PEMBELAJARAN 3 5
31 DIK 6032 PERENCANAAN PEMBELAJARAN 3 5
32 PGRA 6001 METODOLOGI PENGEMBANGAN MOTORIK/JASMANI AUD 3 5
33 PGRA 6002 METODOLOGI PENGETAHUAN SOSIAL AUD 3 5
34 PGRA 6003 METODOLOGI PENGEMBANGAN EFEKTIF AUD 3 5
35 PGRA 6004 ASSESMEN AUD 3 5
36 PGRA 6005 KURIKULUM ANAK USIA DINI 3 5
37 SAR 3054 PRAKTIKUM IBADAH (SERTIFIKASI) 0 5
38 SEN 6603 SENI TARI 2 5
39 TBA 1269 PRAKTIKUM IBADAH 0 5
40 DIK 6604 PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN I 1 6
41 DIK 6605 PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II 4 8