Kurikulum

Capaian Pembelajaran Prodi Ekonomi Syariah
No Kategori Isi
1 Kemampuan Kerja Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional di berbagai tipe organisasi
2 Kemampuan Kerja Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi
3 Kemampuan Kerja Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
4 Kemampuan Kerja Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional.
5 Kemampuan Kerja Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi bisnis.
6 Kemampuan Kerja Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
7 Kemampuan Kerja Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.
8 Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi organisasi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pada berbagai jenis organisasi.
9 Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional
10 Penguasaan Pengetahuan Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai sektor bisnis.
11 Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep tentang metode penelitian yang mencakup studi kasus, kesejarahan survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif.
12 Penguasaan Pengetahuan Menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif)
13 Penguasaan Pengetahuan Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values)
14 Sikap Khusus Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional
15 Sikap Khusus Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai sektor bisnis.
Kurikulum Prodi Ekonomi Syariah